5 Tips Jitu Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Spread the love

Belajar merupakan kegiatan yang biasanya dihindari oleh kebanyakan siswa. Hal tersebut karena siswa berpendapat bahwa belajar adalah hal yang tidak menyenangkan. Siswa dipaksa untuk mengerti hal-hal yang belum mereka ketahui. Sehingga mereka akan berpikir lebih keras, untuk dapat memahami hal yang dipelajarinya dengan aturan-aturan yang ada. Lain halnya apabila mereka bermain, mereka bebas dalam melakukan hal apa pun yang mereka sukai. Sehingga motivasi belajar siswa lebih rendah jika dibandingkan dengan motivasinya dalam bermain.

Hal Yang Biasanya Membuat Siswa Malas Belajar

Siswa menjadi malas untuk belajar karena ia menemukan hal yang lebih menarik yang dapat membuatnya lebih senang. Hal ini karena biasanya metode yang diterapkan dalam belajar kurang tepat, sehingga siswa mudah bosan. Masalah ini dapat diselesaikan dengan cara memilih metode yang unik dan menarik, yaitu metode yang biasanya tidak banyak diterapkan di kebanyakan sekolah. Selain itu siswa juga tertekan untuk belajar, sehingga siswa tidak dapat fokus.

Tekanan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya membuat anak menjadi terpaksa untuk belajar. Tekanan ini biasanya diikuti oleh ancaman yang berupa tindakan kekerasan, sehingga dapat menurunkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, hal-hal seperti ini sebaiknya dihindarkan dengan cara meningkatkan motivasi belajar siswa.

5 Tips Untuk Tingkatkan Motivasi Belajar

Berikut adalah 5 tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar.

  • Menggunakan metode belajar yang menyenangkan

Metode belajar harus dirubah dari yang biasanya yang siswa dapatkan di sekolah yang dapat menyebabkan siswa mudah bosan. Buatlah metode yang menyenangkan sehingga siswa akan tertarik lagi untuk belajar pelajaran tersebut. Misalnya dalam pelajaran bahasa inggris, gunakanlah metode bermain yang juga dapat membuat siswa ingat dengan materi tersebut. Karena dengan bermain, siswa akan lebih menikmati proses belajar.

  • Berilah apresiasi

Banyak siswa yang belajar karena tekanan atau ancaman yang diberikan oleh guru maupun orang tuanya. Sehingga siswa kehilangan motivasi serta tujuan mengapa ia harus belajar. Hal ini dapat dirubah dengan cara memberikan apresiasi dengan apa yang telah mereka lakukan. Misalnya, apabila siswa mampu belajar selama 2 jam maka berilah sesuatu yang ia sukai. Contohnya adalah berilah makanan kesukaannya atau hal yang sedang ia impikan. Sehingga siswa akan termotivasi untuk terus belajar.

  • Berilah nilai yang tinggi

Ketika siswa belajar, tentunya mereka telah bekerja keras untuk mempelajari dan memahami hal-hal yang sulit dipahami. Meskipun siswa telah belajar, tidak sedikit dari mereka yang masih membuat kesalahan. Oleh karena itu, berilah motivasi mereka dengan memberikan nilai yang tinggi ketika ujian, apabila terdapat jawaban yang salah berilah setidaknya nilai mereka dalam berusaha menjawab. Sehingga mereka akan menyukai pelajaran yang dipelajarinya.

  • Lakukan belajar di luar ruangan

Belajar yang dilakukan di dalam ruangan secara terus-menerus akan membuat siswa merasa bosan. Hal tersebut karena siswa akan beranggapan bahwa ia seperti terperangkap di dalam penjara. Sesekali ajaklah siswa belajar di luar ruangan dengan melihat lingkungan alam. Dengan melihat lingkungan di luar ruangan seperti pohon, serangga, hewan dan lainnya dapat membuat pikiran siswa lebih segar. Sehingga siswa akan lebih mudah dalam menerima materi.

  • Bersahabat dengan siswa

Biasanya siswa beranggapan bahwa guru merupakan orang yang menakutkan dan galak. Itu terjadi karena kebanyakan guru memiliki sifat yang kurang bersahabat dengan siswanya. Maka ubahlah karakter guru dengan cara menganggap bahwa siswa adalah teman dekat. Sehingga siswa tidak takut untuk menanyakan kendala yang ia tidak pahami kepada gurunya.

error: Content is protected !!